PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI J.CO DONUTS & COFFEE PLAZA MEDAN FAIR (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada J.CO Donuts & Coffee Plaza Medan Fair, baik secara parsial maupun simultan. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen J.CO Donuts & Coffee yang sudah pernah membeli J.CO Donuts & Coffee di Plaza Medan Fair sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 orang responden dengan pengumpulan data dan menggunakan kuesioner. Pendekatan dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji hipotesis, uji asumsi klasik dengan menggunakan Software SPSS for windows versi 19.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 2,924 + 0,307X1 + 0,227X2 + 0, 389X3. Nilai α yaitu 2,924, artinya semua variabel bebas yaitu kualitas produk, kualitas layanan dan persepsi harga mempunyai hubungan positif terhadap variabel terikatnya yaitu keputusan pembelian. Dari hasil perhitungan Uji t (Parsial) nilai thitung > ttabel (4,510 > 1,989) dengan signifikan sebesar 0.000 < 0,05 yang menunjukkan kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas layanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai thitung > ttabel (2,039 > 1,989) dengan signifikan 0,045 < 0,05. Variabel persepsi harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai thitung>ttabel ( 3,262 > 1,989) dengan signifikan 0,002 < 0,05. Secara simultan variabel kualitas produk (X1), kualitas layanan (X2) dan persepsi harga (X3) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (18,137 > 2,71) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil determinasi (R2) diperoleh nilai R2 = 40,2%, variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi kualitas produk, kualitaslayanan, dan persepsi harga, sedangkan sisanya 59,8% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]