PENGARUH CITRA MEREK (Brand Image) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS EIGER STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat menjelaskan pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk tas merek eiger pada MahasiswaFakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan yang sudah pernah melakukan pembelian lebih dari 1 kali. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive samplingdengan jumlah sampel 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, observasi, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis variabel yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil analisis data yang diperoleh dari persamaan regresi sederhana yaitu Y= 19,666 + 0,328 X. Berdasarkan uji-t pada taraf signifikan alpha 0,05 diperoleh thitung X= 2,570> ttabel 1,697. Analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 19,1%, artinya variabel terikat keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel bebas citra merek sebesar 19,1%, sedangkan sisanya 80,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini seperti harga, promosi, akomodasi untuk mendapatkan produk, kebutuhan dan variabel lainnya.
Collections
- Manajemen [1069]