• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Program Pembelajaran Praktikum Fisika Dasar Berorientasi Heuristik Terbimbing Untuk Meningkatkan Kecakapan Akademik Mahasiswa T.A 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Hermin Roida Manullang.pdf (446.3Kb)
    Date
    2019-08-19
    Author
    Manullang, Hermin Roida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pengembangan program pembelajaran praktikum fisika dasar berorientasi heuristik terbimbing terhadap peningkatkan kecakapan akademik mahasiswa T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan desain penelitian one-shot case study pada uji coba I dan one group pretest-posttest design pada uji coba II. Teknik analisis data melalui analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif dan statistik induktif, dengan populasi penelitiannya yaitu 19 mahasiswa program studi pendidikan fisika semester II T.A 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah (1) lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar, dan kinerja mahasiswa, serta angket untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran praktikum fisika berorientasi heuristik terbimbing (2) tes objektif dalam bentuk pilihan berganda dan esai untuk mengetahui peningkatan kecakapan akademik mahasiswa. Sebelum instrumen ini digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas butir tes. Setelah dilakukan pembelajaran praktikum fisika dasar berorientasi heuristik terbimbing, diperolehlah, nilai rata-rata aktivitas mahasiswa 84,71, nilai rata-rata kinerja mahasiswa 83,89, nilai rata-rata respon mahasiswa 88,48, dan nilai rata-rata postes 75,57, dengan standar deviasi 9,45. Nilai ketiga observasi disebut variabei X dan nilai tes disebut variabel Y. Kemudian dilakukan uji t dan uji regresi. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Dan dilakukan uji t satu pihak (α=0,05). Dari uji t satu pihak dan uji regresi disimpulkan bahwa ada pengaruh pengembangan program pembelajaran praktikum fisika dasar berorientasi heuristik terbimbing untuk meningkatkan kecakapan akademik mahasiswa T.A 2018/2019. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y ̂ = -64,65+ 1,65 X.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2740
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback