• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Relating-Experiencing-Applying- Cooperating-Transfering (REACT) dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Getaran Dan Gelombang di Kelas VIII Semester II SMP Swasta Teladan Medan T.P. 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Theodora Elisabeth Simatupang.pdf (356.9Kb)
    Date
    2019-08-19
    Author
    Simatupang, Theodora Elisabeth
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Relating-Experiencing-Applying-Cooperating-Transfering (REACT) dengan Metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII semester II SMP Swasta Teladan Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretets-Potstest Control Group Design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Teladan Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 42 orang siswa. Sampel dalam penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII dengan teknik Sampling Jenuh yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 60 dengan standar deviasi 15,19 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 48,5 dengan standar deviasi 15,65. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α=0,05 dan dk=40 diperoleh thitung=2,46 dan ttabel=1,677, dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Relating-Experiencing-Appying-Cooperating-Transfering (REACT) dengan metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan getaran dan gelombang di Kelas VIII semester II SMP Swasta Teladan Medan T.P. 2019/2020. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y ̂ = 55,78 + 0,44 X.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2739
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback