Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII SMP Negeri 1 Barusjahe T.P 2018/2019.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada materi pokok cahaya dan alat optik kelas VIII SMP Negeri 1
Barusjahe T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretets-Potstest Control Group Design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barusjahe Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 130 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Sampel Random Sampling yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa.Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen
71,55 dengan standar deviasi 10,62 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 47,26 dengan standar deviasi 14,01. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α = 0,05 dan dk = 58 diperoleh thitung = 7,780 dan ttabel = 1,671, dengan thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada materi pokok cahaya dan alat optik kelas VIII SMP Negeri 1 Barusjahe T.P 2018/2019. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan
hasil ̂ = 62,44 + 0,12 X.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]