• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII SMP Negeri 1 Barusjahe T.P 2018/2019.

    Thumbnail
    View/Open
    Anna MartinaBr. Tarigan.pdf (599.1Kb)
    Date
    2019-08-15
    Author
    Br. Tarigan, Anna Martina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada materi pokok cahaya dan alat optik kelas VIII SMP Negeri 1 Barusjahe T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretets-Potstest Control Group Design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barusjahe Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 130 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Sampel Random Sampling yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa.Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 71,55 dengan standar deviasi 10,62 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 47,26 dengan standar deviasi 14,01. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α = 0,05 dan dk = 58 diperoleh thitung = 7,780 dan ttabel = 1,671, dengan thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada materi pokok cahaya dan alat optik kelas VIII SMP Negeri 1 Barusjahe T.P 2018/2019. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil ̂ = 62,44 + 0,12 X.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2737
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback