Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang Kelas VIII Semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang kelas VIII semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen Design dengan desain penelitian Pretets-Potstest Control Group Design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 40 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik cluster sampling yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 52,75 dengan standar deviasi 9,93 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 44,25 dengan standar deviasi 7,83. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α=0,05 dan dk=38 diperoleh thitung =3,008 dan ttabel=1,684, dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Signifikan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil Belajar Siswa pada materi pokok Getaran dan Gelombang kelas VIII semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2018/2019. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y ̂ = 44,06 + 0,50 X.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]