• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA IKLAN NIAGA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS PERSUASI DI KELAS VIII SMP NEGERI 31 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Theorida Kristina Br. Sebayang.pdf (273.8Kb)
    Date
    2019-08-28
    Author
    Br. Sebayang, Theorida Kristina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa di kelas VIII SMP Negeri 31 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan menerapkan media pembelajaran Iklan Niaga. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 31 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari delapan kelas dengan keseluruhan populasi kelas VIII yaitu 240 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 siswa dengan total dua kelas yang dipilih secara clauster sampling yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa teks penugasan menulis teks persuasi. Dari anilisa yang diperoleh hasil data siswa dari kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 66,43 sedangkan hasil data siswa pada kelas eksperimen menggunakan media Iklan Niaga menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 84,16. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 7,9853 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 adalah 2,0021. Oleh sebab itu diperoleh thitung > ttabel (7,9853 > 2,0021) maka hipotesis alterative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan media Iklan Niaga sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa menulis teks persuasi.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2670
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback