Show simple item record

dc.contributor.authorBr. Sebayang, Theorida Kristina
dc.date.accessioned2019-09-11T06:46:33Z
dc.date.available2019-09-11T06:46:33Z
dc.date.issued2019-08-28
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2670
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa di kelas VIII SMP Negeri 31 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan menerapkan media pembelajaran Iklan Niaga. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 31 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari delapan kelas dengan keseluruhan populasi kelas VIII yaitu 240 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 siswa dengan total dua kelas yang dipilih secara clauster sampling yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa teks penugasan menulis teks persuasi. Dari anilisa yang diperoleh hasil data siswa dari kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 66,43 sedangkan hasil data siswa pada kelas eksperimen menggunakan media Iklan Niaga menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 84,16. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 7,9853 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 adalah 2,0021. Oleh sebab itu diperoleh thitung > ttabel (7,9853 > 2,0021) maka hipotesis alterative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan media Iklan Niaga sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa menulis teks persuasi.en_US
dc.subjectMedia Iklan Niaga Terhadap Kemampuan Menulis Teks Beritaen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA IKLAN NIAGA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS PERSUASI DI KELAS VIII SMP NEGERI 31 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record