PENGARUH MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL MEREK FRESTEA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN)
Abstract
Pada tahun-tahun terakhir, persaingan antara produsen minuman teh dalam kemasan di Indonesia semakin ketat. Para produsen berkompetisi untuk menciptakan produk teh siap minum dalam kemasan yang berkualitas dan digemari masyarakat. Frestea sebagai market leader teh dalam kemasan di Indonesia yang mnegalami penurunan pangsa pasar akibat datangnya pesaing yang tak kalah hebat yaitu Teh Botol Sosro. Frestea telah melakukan tindakan agar konsumen tetap melakukan keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh merek terhadap keputusaan pembelian konsumen dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian teh botol merek Frestea. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa, metode yang digunakan adalah non probability, yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa merek dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 46.8% keputusan pembelian memiliki hubungan dengan merek dan kualitas produk dan sisanya 53.2% dipengaruhi faktor lain.
Collections
- Manajemen [1151]