Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Medan Petisah
Abstract
Pelayanan publik merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Kualitas pelayanan yang baik dapat dilihat dari sejauh mana pelayanan tersebut mampu memenuhi harapan masyarakat .
Untuk memenuhi kewajiban dalam memberikan pelayanan yang berkualitas, tentunya seorang pegawai harus memiliki semangat kerja yang tinggi. Semangat yang tinggi akan timbul apabila adanya dorongan atau motivasi dari berbagai pihak atau sumber tertentu. Kualitas pelayanan publik berkaitan erat dengan kemampuan, daya tanggap, ketepatan waktu, dan sarana prasarana yang tersedia. Ketepatan waktu berkaitan dengan disiplin kerja yang dimiliki pegawai. Kehadiran pegawai menjadi salah satu ukuran dari disiplin kerja pegawai.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin dan motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Medan Petisah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang dibagikan kepada pegawai Kantor Kecamatan Medan Petisah dan juga mempelajari berbagai buku dan dokumen lain yang berkaitan dengan variabel penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif .
Penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penulis dalam menambah wawasan dan pengetahuan penulis. Bagi instansi, penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi dan bahan pertimbangan dalam penyelenggaran pelayanan publik dan menjadi bahan referensi bagi peneliti selanjutnya.
Collections
- Manajemen [1151]