PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TRAVELOKA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN)
Abstract
PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiseberapabesarpengaruhpromosidankualitaspelayananterhadapkeputusanpembelianmahasiswaFakultasEkonomiUniversitas HKBP Nommensen Medan di Traveloka.PenelitianinidilaksanakanpadaFakultasEkonomiUniversitas HKBP Nommensen Medan, dengansebanyak 94 mahasiswamenggunakanteknikNon-Probability Sampling denganpendekatanpurposive samplingdanuntukmemperolehjumlahsampelmenggunakanrumusslovin.Proses analisis data menggunakanbantuanperangkatlunakSPSS 23,0.Data yang dikumpulkanmenggunakankuesionerdengansatuanpengukuranSkalaLikert, dimana data diujiterlebihdahuludenganmenggunakanUjiValiditasdanUjiReliabilitas.Kemudian data dianalisismenggunakananalisisRegresi Linear Berganda, Uji t, Uji F dananalisisDeterminasi.
Hasildaripenelitianmenunjukkanadapengaruhsecaraparsialdansimultanantarapromosidankualitaspelayananterhadapkeputusanpembeliandenganpersamaanregresi Y = 5,234 + 0,623X1 + 0,571X2 yang artinyakoefisienregresipromosibernilaipositifsebesar 0,623, koefisienregresikualitaspelayananbernilaipositifsebesar 0,571 dankoefisienkeputusanpembeliansebesar 5,234. NilaiR Square (R2)adalah 0,342 yang artinyakontribusivariabelpromosidankualitaspelayananterhadapkeputusanpembeliansebesar 34,2% sedangsisanyasebesar 65,8% dipengaruhiolehvariabel lain yang tidakditelitidalampenelitianini. Berdasarkanuji t, promosidankualitaspelayananberpengaruhpositifdansignifikansecaraparsialterhadapkeputusanpembeliankonsumen di Traveloka.Berdasarkanuji F (simultan), promosidankualitaspelayananberpengaruhsecarasignifikanterhadapkeputusanpembeliankonsumen di Traveloka.
Collections
- Manajemen [1151]