PENGARUH KOMPETENSI PEMASARAN DAN KOMPETENSI KEUANGAN TERHADAP KEBERHASILAN START-UP BISNIS DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pemasaran dan kompetensi keuangan terhadap keberhasilan start-up bisnis.Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) data di proses menggunakan Lisrel 8.72 dengan jumlah sampel 100 responden. Darianalisis modelstructural, variabel kompetensi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan start-up bisnis dengan nilai t-value 2,39>1,96 dan kompetensikeuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan start-up bisnis dengan nilai t-value 2,20 > 1,96. Hasil analisis dapat diketahui bahwa variabel kompetensi pemasaran dan kompetensi keuangan dapat meningkatkan keberhasilan start-up bisnis.Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2) = 0,43 berarti 43% keragaman variabel keberhasilan start-up bisnis dapat dijelaskan oleh kompetensi pemasaran dan kompetensi keuangan. Sedangkan sisanya 57% dipengeruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Diketahui bahwa indikator disetiap variabel dalam mengukur keberhasilan start-up bisnis tersebut ada yang tidak valid, maka diperlukan pelatihan dan pengembangan kepada entrepreneur dengan mengikuti seminar kewirausahaan yang dilakukan oleh pemerintah untuk dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan entrepreneur tersebut.
Collections
- Manajemen [1012]