ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN DENGAN ROA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Manufaktur Food and Beverages yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2017)
Abstract
Perusahaan berlomba-lomba untuk memaksimumkan nilai perusahaannya karena nilai perusahaan yang tinggi akan menujukkan bahwa kinerja perusahaan baik sehingga akan menumbuhkan kepercayaan dari pihak-pihak yang terkait serta masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung Total Asset Turnover (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Price to Book Value (PBV) sebagai proksi dari Nilai Perusahaan dengan Return on Asset (ROA) sebagai variabel intervening.
Sampel penelitian ini adalah 9 perusahaan manufaktur Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017 dengan menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia berupa laporan tahunan dan laporan kinerja Perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dan analisis jalur dengan bantuan Software EViews 9.
Dengan menggunakan analisis regresi data panel, maka dapat diketahui bahwa Total Asset Turnover (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return on Asset (ROA). Total Asset Turnover (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh negatif signifikan tehadap Price to Book Value (PBV). Return on Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Price to Book Value (PBV). Hasil dari analisis jalur menunjukkan bahwa Total Asset Turnover (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) secara tidak langsung berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan (PBV) melalui Return on Asset (ROA).
Collections
- Manajemen [1151]