PENGARUH EKUITAS MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH PUCUK HARUM PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ekuitas Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan dan untuk mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadapkeputusan pembelian Teh Pucuk Harum. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda yaitu Y= 10,854 + 0,359X1+ 0,458X2 yang menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Teh Pucuk Harum pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. Hasil uji parsial (uji t) diperoleh hasil penilaian variabel ekuitas merek 0,000 < 0,05 maka ekuitas merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan hasil penilaian variabel promosi 0,000 < 0,05 maka promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji simultan (F) diperoleh Fhitung (49,214) > Ftabel (3,090), sehingga variabel ekuitas merek dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 50,4% yang artinya variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel ekuitas merek dan promosi dan sisanya sebesar 49,6% dijelaskan oleh variabel lainnya seperti harga, kualitas produk ataupun juga posisi atau kedudukan yang tidak termasuk dalam model regresi penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1069]