• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH BAHAN AJAR YANG DIRANCANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELASS X SMA HKBP SIDORAME MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    ferry lumbantoruan.pdf (252.5Kb)
    Date
    2017-08-11
    Author
    Lumbantoruan, Perri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh BahanAjar yang dirancang dengan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kritis Siswa Kelas X SMA HKBP Sidorame Medan.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi penelitian yaitu eluruh siswa/i SMA HKBP Sidorame Medan T.A 2017/2018. Dengan teknikSimple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen kelas X. Instrumen yang digunakana dalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrument serta lembar observasi siswa. Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-tes komunikasi matematis dan berpikir kritis pada kelas eksperimen 21,8 dan 22,43 dengan standar deviasi 3,99 dan 3,68. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel berdistribusi normal. Oleh karena data berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji kelinieran regresi dan uji hipotesis data post-test komunikasi matematis dan berpikir kritis pada sampel diperoleh Fhitung= 1,45 dan 1,22, maka Fhitung<Ftabe lmaka Ha diterima maka artinya model regresi linear, maka di lanjutkan ke uji hipotesis yaitu uji keberartian regresi dan diperoleh Fhitung komunikasi matematis dan berpikir kritis 9,18dan 5,08 denganFtabel = 4,20. Dengan demikian karena Fhitung>Ftabel maka Ha diterima, dengan persamaan regresinya adalah:Y ̂ = 11,24 + 0,62 XdanY ̂ = 14,76 + 0,45 X sehingga variable X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap variable Y1 dan Y2. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi komunikasi matematis dan berpikir kritis diperolehr^2=23% dan 14 %, yang berarti bahan ajar yang dirancang dengan model VAK terhadap kemampuan komunikasi matematis mempunyai pengaruh sebesar 23% dan berpikir kritis 14%,sedangkan sisanya 77% dan 86% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara bahan ajar yang dirancang dengan model VAK terhadap kemampua komunikasi matematis dan berpikir kritis siswa kelas X SMA HKBP Sidorame Medan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/218
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback