Show simple item record

dc.contributor.authorLumbantoruan, Perri
dc.date.accessioned2018-03-09T07:20:07Z
dc.date.available2018-03-09T07:20:07Z
dc.date.issued2017-08-11
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/218
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh BahanAjar yang dirancang dengan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kritis Siswa Kelas X SMA HKBP Sidorame Medan.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi penelitian yaitu eluruh siswa/i SMA HKBP Sidorame Medan T.A 2017/2018. Dengan teknikSimple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen kelas X. Instrumen yang digunakana dalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrument serta lembar observasi siswa. Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-tes komunikasi matematis dan berpikir kritis pada kelas eksperimen 21,8 dan 22,43 dengan standar deviasi 3,99 dan 3,68. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel berdistribusi normal. Oleh karena data berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji kelinieran regresi dan uji hipotesis data post-test komunikasi matematis dan berpikir kritis pada sampel diperoleh Fhitung= 1,45 dan 1,22, maka Fhitung<Ftabe lmaka Ha diterima maka artinya model regresi linear, maka di lanjutkan ke uji hipotesis yaitu uji keberartian regresi dan diperoleh Fhitung komunikasi matematis dan berpikir kritis 9,18dan 5,08 denganFtabel = 4,20. Dengan demikian karena Fhitung>Ftabel maka Ha diterima, dengan persamaan regresinya adalah:Y ̂ = 11,24 + 0,62 XdanY ̂ = 14,76 + 0,45 X sehingga variable X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap variable Y1 dan Y2. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi komunikasi matematis dan berpikir kritis diperolehr^2=23% dan 14 %, yang berarti bahan ajar yang dirancang dengan model VAK terhadap kemampuan komunikasi matematis mempunyai pengaruh sebesar 23% dan berpikir kritis 14%,sedangkan sisanya 77% dan 86% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara bahan ajar yang dirancang dengan model VAK terhadap kemampua komunikasi matematis dan berpikir kritis siswa kelas X SMA HKBP Sidorame Medan.en_US
dc.subjectPEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIKen_US
dc.titlePENGARUH BAHAN AJAR YANG DIRANCANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELASS X SMA HKBP SIDORAME MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record