PENGARUH BAURAN PEMASARAN PADA KEPUTUSAN PEMBELI SEPEDA MOTOR YAMAHA TERHADAP KALANGAN UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembeli Sepeda Motor Yamaha Terhadap Kalangan Universitas HKBP Nommensen dan untuk mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan pembeli sepeda Motor Yamaha terhadap kalangan Universitas HKBP Nommensen.
Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 55 responden dengan menggunakan rumus slovin. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengguna regresi linear bergan dayaitu Y = 0.918+ 0,301X1+ 0.178X2+ 0.307X3+ 0.097X4 yang menunjukkan bahwa variabel Pengaruh bauran pemasaran pada keputusan pembeli sepeda motor Yamaha terhadap kalangan Universitas HKBP Nommensen. Hasil uji simultan( Uji F) diperolehFhitung (24.837) >Ftabel ( 2.56) sehingga variabel pengaruh bauran pemasaran pada keputusan pembeli sepeda motor Yamaha secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeli. Hasil uji parsial ( Uji t) diperoleh hasil nilai variabel produkthitung(2.761>Ftabel2.009), sehingga hasil penelitian variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeli, hargathitung(1.781>Ftabel2.009), sehingga hasil penelitian variabel tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeli, tempat thitung(2.453>Ftabel2.009), sehingga hasil penelitian variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeli, dan promosi thitung(0.706>Ftabel2.009), sehingga hasil penelitian variabel tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeli. Dan hasil koefisien Determinasi (R2) sebesar 81.6% yang artinya variabel keputusan pembeli dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga, tempat dan promosi dan sisanya sebesar 18.4% dijelaskan oleh variabel orang, bukti fisik, dan proses, atau yang tidak termasuk regresi dalam penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]