Efektivitas Model PembelajaranNumbered Head Together terhadapKemampuanPemecahanMasalahdanPemahamanKonsep MatematikaPesertaDidikpadaMateri Ajar Sistem PersamaanLinear DuaVariabel di SMP Negeri 3 Barusjahe TahunAjaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika peserta didik pada material jarsistempersamaan linear duavariabel di SMP Negeri 3 Barus jahe tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimendenganpopulasipenelitianyaitu seluruhsiswakelas VIII SMP Negeri 3 Barus jahe tahun ajaran 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sample penelitiankelaseksperimen (VIII-I).Instrumen yang digunakanadalahpost-testdarihasilbelajar yang telah dilakukan uji validasi instrument sertalembarobservasiketerampilan guru mengajardanalokasiwaktu.Dari ujipost-testdilihat dari kesesuaian tingkat pembelajaran dayaserapperorangan. Seorang pendidik telah tuntas dalam belajar bilaiatelah mencapaiskor ≥ 70% ataunilai ≥ 70. Dilihat dari hasil belajar siswadayaserapklasikalsuatukelasdinyatakantelahtuntasbelajarapabilakelastersebuttelahterdapat ≥ 80% siswa yang telahmencapainilai ≥ 70 karena rata-rata post-test kemampuan pemecahan masalah 80, dankemampuanpemahamankonsep 80 maka kesesuaian tingkat pembelajaran efektif. Dari analis istingkat kemampuan guru data observasi hasilperhitunganobservasidiperolehhasildarisemuaobservasi rata-rata 4,19 yang berarti dalan kategoribaik. Sehinggadapatdisimpulkan pembelajaran sudah efektif. Data pengamatan hasil perhitungan observasi diperoleh rata-rata penilaiandaritegaobservator, padapertemuan I, II, III diperoleh rata-rata pengamatan 2,6 asil pengamatan dalam kategori kurang baik. Sehinggadapatdisimpulkanbahwapembelajarantidak efektifartinya model pembelajaran Numbered Head Together tidak efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]