dc.contributor.author | Br. Sitepu, Esna Novianti | |
dc.date.accessioned | 2018-11-29T03:04:38Z | |
dc.date.available | 2018-11-29T03:04:38Z | |
dc.date.issued | 2018-09-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1765 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika peserta didik pada material jarsistempersamaan linear duavariabel di SMP Negeri 3 Barus jahe tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimendenganpopulasipenelitianyaitu seluruhsiswakelas VIII SMP Negeri 3 Barus jahe tahun ajaran 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sample penelitiankelaseksperimen (VIII-I).Instrumen yang digunakanadalahpost-testdarihasilbelajar yang telah dilakukan uji validasi instrument sertalembarobservasiketerampilan guru mengajardanalokasiwaktu.Dari ujipost-testdilihat dari kesesuaian tingkat pembelajaran dayaserapperorangan. Seorang pendidik telah tuntas dalam belajar bilaiatelah mencapaiskor ≥ 70% ataunilai ≥ 70. Dilihat dari hasil belajar siswadayaserapklasikalsuatukelasdinyatakantelahtuntasbelajarapabilakelastersebuttelahterdapat ≥ 80% siswa yang telahmencapainilai ≥ 70 karena rata-rata post-test kemampuan pemecahan masalah 80, dankemampuanpemahamankonsep 80 maka kesesuaian tingkat pembelajaran efektif. Dari analis istingkat kemampuan guru data observasi hasilperhitunganobservasidiperolehhasildarisemuaobservasi rata-rata 4,19 yang berarti dalan kategoribaik. Sehinggadapatdisimpulkan pembelajaran sudah efektif. Data pengamatan hasil perhitungan observasi diperoleh rata-rata penilaiandaritegaobservator, padapertemuan I, II, III diperoleh rata-rata pengamatan 2,6 asil pengamatan dalam kategori kurang baik. Sehinggadapatdisimpulkanbahwapembelajarantidak efektifartinya model pembelajaran Numbered Head Together tidak efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika peserta didik. | en_US |
dc.subject | efektivitas model pembelajaran Numbered Head Together | en_US |
dc.subject | kemampuan pemecahan masalah | en_US |
dc.subject | Pemahaman Konsep Matematika | en_US |
dc.title | Efektivitas Model PembelajaranNumbered Head Together terhadapKemampuanPemecahanMasalahdanPemahamanKonsep MatematikaPesertaDidikpadaMateri Ajar Sistem PersamaanLinear DuaVariabel di SMP Negeri 3 Barusjahe TahunAjaran 2018/2019 | en_US |