Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Raya T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Raya T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Raya T.P. 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-1). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik.
Dari uji keberartian regresi (kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik) diperoleh 47,924 > 4,18 Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y atau pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Dari uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,789. Dari uji keberartian koefisien korelasi (kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik) diperoleh thitung = 6,915 dan ttabel= 2,405. Karena dilihat dari kemampuan thitung> ttabel maka pengujian hipotesis tolak HOdan Ha diterima, maka ada hubungan yang kuat/tinggi pada model pembelajaran kooperatif tipe NumberedHead Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]