• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Raya T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Elofani Chrissty Br. Lahi.pdf (309.2Kb)
    Date
    2018-09-11
    Author
    Br. Lahi, Elofani Christy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Raya T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Raya T.P. 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-1). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik. Dari uji keberartian regresi (kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik) diperoleh 47,924 > 4,18 Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y atau pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Dari uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,789. Dari uji keberartian koefisien korelasi (kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik) diperoleh thitung = 6,915 dan ttabel= 2,405. Karena dilihat dari kemampuan thitung> ttabel maka pengujian hipotesis tolak HOdan Ha diterima, maka ada hubungan yang kuat/tinggi pada model pembelajaran kooperatif tipe NumberedHead Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1763
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback