Show simple item record

dc.contributor.authorBr. Lahi, Elofani Christy
dc.date.accessioned2018-11-29T02:41:08Z
dc.date.available2018-11-29T02:41:08Z
dc.date.issued2018-09-11
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1763
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Raya T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Raya T.P. 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-1). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik. Dari uji keberartian regresi (kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik) diperoleh 47,924 > 4,18 Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y atau pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Dari uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,789. Dari uji keberartian koefisien korelasi (kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik) diperoleh thitung = 6,915 dan ttabel= 2,405. Karena dilihat dari kemampuan thitung> ttabel maka pengujian hipotesis tolak HOdan Ha diterima, maka ada hubungan yang kuat/tinggi pada model pembelajaran kooperatif tipe NumberedHead Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.en_US
dc.subjectpembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)en_US
dc.subjectkemampuan pemahaman konsep matematikaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Raya T.P. 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record