• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 11 Medan T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Hymne Gloria Siregar.pdf (266.5Kb)
    Date
    2018-10-15
    Author
    Siregar, Hymne Gloria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik khususnya dalam pembelajaran SPLDV sehingga diberikan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas X SMK Negeri 11 Medan Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel penelitian eksperimen (X-D). Hasil analisis data dan perhitungan menunjukkaan bahwa nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 86,969 dan rata-rata post-test untuk kemampuan pemahaman konsep 82,121 dan rata-rata post-test untuk kemampuan pemecahan masalah 83,9. Berdasarkan indikator efektivitas diperoleh ketuntasan belajar secara individual, terdapat 33 orang peserta didik yang tuntas dalam belajar yang memperoleh nilai ≥65, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik adalah sebesar 100% , data observasi aktivitas belajar pesertadidik mencapai nilai 75-100,datarespon peserta didik memiliki rata-rata 3,381 dan alokasi waktu memiliki rata-rata 3,563 dan masuk pada kategori baik serta hasil pengamatan observasi aktivitas guru dalam pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) memiliki rata-rata 3,663 masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan pemecahan masalah matematika peserta didik di kelas X SMK Negeri 11 Medan sehingga pendekatan RME ini baik untuk digunakan guru dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1688
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback