Show simple item record

dc.contributor.authorSiregar, Hymne Gloria
dc.date.accessioned2018-11-21T06:43:02Z
dc.date.available2018-11-21T06:43:02Z
dc.date.issued2018-10-15
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1688
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik khususnya dalam pembelajaran SPLDV sehingga diberikan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas X SMK Negeri 11 Medan Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel penelitian eksperimen (X-D). Hasil analisis data dan perhitungan menunjukkaan bahwa nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 86,969 dan rata-rata post-test untuk kemampuan pemahaman konsep 82,121 dan rata-rata post-test untuk kemampuan pemecahan masalah 83,9. Berdasarkan indikator efektivitas diperoleh ketuntasan belajar secara individual, terdapat 33 orang peserta didik yang tuntas dalam belajar yang memperoleh nilai ≥65, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik adalah sebesar 100% , data observasi aktivitas belajar pesertadidik mencapai nilai 75-100,datarespon peserta didik memiliki rata-rata 3,381 dan alokasi waktu memiliki rata-rata 3,563 dan masuk pada kategori baik serta hasil pengamatan observasi aktivitas guru dalam pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) memiliki rata-rata 3,663 masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan pemecahan masalah matematika peserta didik di kelas X SMK Negeri 11 Medan sehingga pendekatan RME ini baik untuk digunakan guru dalam pembelajaran.en_US
dc.subjectpemahaman konsep matematisen_US
dc.subjectkemampuan pemecahan masalahen_US
dc.titleEfektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 11 Medan T.P. 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record