• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinat Kartesius di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T. P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Irma Yohana Sinaga.pdf (441.0Kb)
    Date
    2018-09-22
    Author
    Sinaga, Irma Yohana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-7). Instrumen yang digunakana adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari observasi sebesar 80,964 sedangkan nilai rata-rata untuk post-test adalah 77,464. Dari perhitungan analisis regresi diperoleh Y ̂ = 2,596 + 0,925X dengan b bernilai positif sebesar 0,925, artinya kedua variabel tersebut mempunyai hubungan linier positif. Pada uji keberartian regresi diperoleh 42,402 > 4,22 sehingga ada keberartian yang berarti antara variabel X (model pembelajaran problem based instruction) terhadap variabel Y (kemampuan pemahaman konsep peserta didik). Dari uji keberartian koefisien diperoleh thitung = 6,504 dan ttabel= 2,056. Karena thitung > ttabel, maka ada hubungan yang kuat dan berarti pada model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1673
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback