Show simple item record

dc.contributor.authorSinaga, Irma Yohana
dc.date.accessioned2018-11-21T04:09:14Z
dc.date.available2018-11-21T04:09:14Z
dc.date.issued2018-09-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1673
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-7). Instrumen yang digunakana adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari observasi sebesar 80,964 sedangkan nilai rata-rata untuk post-test adalah 77,464. Dari perhitungan analisis regresi diperoleh Y ̂ = 2,596 + 0,925X dengan b bernilai positif sebesar 0,925, artinya kedua variabel tersebut mempunyai hubungan linier positif. Pada uji keberartian regresi diperoleh 42,402 > 4,22 sehingga ada keberartian yang berarti antara variabel X (model pembelajaran problem based instruction) terhadap variabel Y (kemampuan pemahaman konsep peserta didik). Dari uji keberartian koefisien diperoleh thitung = 6,504 dan ttabel= 2,056. Karena thitung > ttabel, maka ada hubungan yang kuat dan berarti pada model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019en_US
dc.subjectpembelajaran problem based instructionen_US
dc.subjectkemampuan pemahaman konsepen_US
dc.subjectmateri sistem koordinat kartesiusen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinat Kartesius di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T. P. 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record