• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match pada Materi Bilangan Rasional Kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Norita Simamora.pdf (422.5Kb)
    Date
    2018-10-03
    Author
    Simamora, Norita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe Make A Match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bilangan rasional di kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII-7 SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T. P. 2018/2019 dan objek penelitian ini yaitu model pembelajaran Cooperative tipe Make A Match. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes ini terdiri dari tes awal, tes siklus I dan tes siklus II. Hasil observasi guru dan siswa mengalami peningkatan. Dimana pada siklus I rata-rata observasi untuk guru 77% dan pada siklus II meningkat menjadi 81%. Rata-rata observasi untuk siswa yang aktif pada siklus I adalah 29% dan pada siklus II meningkat menjadi 75%. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan, dimana pada tes awal rata-rata adalah 38,54 dan pada siklus I meningkat menjadi 62,08 dan pada siklus II meningkat menjadi 73,91. Ketuntasan belajar individual meningkat, dimana pada tes awal kemampuan pemahaman konsep dari 24 siswa hanya 8 siswa yang memperoleh nilai ≥ 65, pada post tes I meningkat menjadi 13 siswa yang mencapai nilai ≥ 65 dan pada post tes II meningkat menjadi 21 siswa yang memperoleh nilai maksimal ≥ 65. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran Coopetative tipe Make A Match.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1661
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback