“Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematcs Educationterhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2018/2019”
Abstract
Pendekatan Realistic Mathematics Education merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Pendekatan ini dapat digunakan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berfikir kreatif peserta didik.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh pendekatan realistic mathematics educationterhadapkemampuanberfikirkreatifpesertadidikpadamaterisistempersamaan linier duavariabelkelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2018/2019.
JenispenelitianiniadalahPenelitianquasieksperimendenganpopulasiyaituseluruhpesertadidikkelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan denganteknikcluster random samplingyaitupengambilankelassecaraacaksehinggadiperolehsampelpenelitianyaitukelas X IPA. Instrumen yang digunakanadalah test kemampuanberfikirkreatifpesertadidikdenganbentuksoalpost test yang telahdilakukanujivaliditasinstrumensertalembarobservasirealistic mathematics educationpesertadidik.
Setelahdilakukanperlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-test kemampuan berfikir kreatif peserta didik 83,6 denganstandardeviasi 10,416 danrata-rata observasirealistic mathematics eduationpadapesertadidikadalah 78,86 denganstandardeviasi 13,224. Hasilujiprasyarat data post-test menyatakansampelberdistribusi normal denganLtabeldengan (α=0.05) adalah 0,161 Lhitungobservasipembelajarandenganpendekatanrealistic mathematics educationdiperoleh 0,152 dan Lhitungkemampuanberfikirkreatif 0,1039sehingga data berasaldaripopulasi yang berdistribusi normal. Berdasarkan nilai kemampuan berfikir kreatifpeserta didik diperoleh persamaan regresi, Y ̂= 26,312 + 0,748X, artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realisc mathematics educationsebesar 1 satuan akan meningkatkan berfikir kreatifpeserta didik sebesar 0,748 satuan.Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 90,18% artinya bahwa pengembangan kemampuan berfikir kreatif peserta didik dipengaruhi oleh pendekatan realistic mathematics educationsebesar 90,18%. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan realistic mathematics educationdapat mempengaruhi kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Sehinggarealistic mathematics education dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]