dc.description.abstract | Pendekatan Realistic Mathematics Education merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Pendekatan ini dapat digunakan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berfikir kreatif peserta didik.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh pendekatan realistic mathematics educationterhadapkemampuanberfikirkreatifpesertadidikpadamaterisistempersamaan linier duavariabelkelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2018/2019.
JenispenelitianiniadalahPenelitianquasieksperimendenganpopulasiyaituseluruhpesertadidikkelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan denganteknikcluster random samplingyaitupengambilankelassecaraacaksehinggadiperolehsampelpenelitianyaitukelas X IPA. Instrumen yang digunakanadalah test kemampuanberfikirkreatifpesertadidikdenganbentuksoalpost test yang telahdilakukanujivaliditasinstrumensertalembarobservasirealistic mathematics educationpesertadidik.
Setelahdilakukanperlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-test kemampuan berfikir kreatif peserta didik 83,6 denganstandardeviasi 10,416 danrata-rata observasirealistic mathematics eduationpadapesertadidikadalah 78,86 denganstandardeviasi 13,224. Hasilujiprasyarat data post-test menyatakansampelberdistribusi normal denganLtabeldengan (α=0.05) adalah 0,161 Lhitungobservasipembelajarandenganpendekatanrealistic mathematics educationdiperoleh 0,152 dan Lhitungkemampuanberfikirkreatif 0,1039sehingga data berasaldaripopulasi yang berdistribusi normal. Berdasarkan nilai kemampuan berfikir kreatifpeserta didik diperoleh persamaan regresi, Y ̂= 26,312 + 0,748X, artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realisc mathematics educationsebesar 1 satuan akan meningkatkan berfikir kreatifpeserta didik sebesar 0,748 satuan.Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 90,18% artinya bahwa pengembangan kemampuan berfikir kreatif peserta didik dipengaruhi oleh pendekatan realistic mathematics educationsebesar 90,18%. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan realistic mathematics educationdapat mempengaruhi kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Sehinggarealistic mathematics education dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. | en_US |