Show simple item record

dc.contributor.authorSitepu, Yohana Oktaviani
dc.date.accessioned2018-11-19T03:30:28Z
dc.date.available2018-11-19T03:30:28Z
dc.date.issued2018-09-23
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1655
dc.description.abstractPendekatan Realistic Mathematics Education merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Pendekatan ini dapat digunakan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh pendekatan realistic mathematics educationterhadapkemampuanberfikirkreatifpesertadidikpadamaterisistempersamaan linier duavariabelkelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2018/2019. JenispenelitianiniadalahPenelitianquasieksperimendenganpopulasiyaituseluruhpesertadidikkelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan denganteknikcluster random samplingyaitupengambilankelassecaraacaksehinggadiperolehsampelpenelitianyaitukelas X IPA. Instrumen yang digunakanadalah test kemampuanberfikirkreatifpesertadidikdenganbentuksoalpost test yang telahdilakukanujivaliditasinstrumensertalembarobservasirealistic mathematics educationpesertadidik. Setelahdilakukanperlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-test kemampuan berfikir kreatif peserta didik 83,6 denganstandardeviasi 10,416 danrata-rata observasirealistic mathematics eduationpadapesertadidikadalah 78,86 denganstandardeviasi 13,224. Hasilujiprasyarat data post-test menyatakansampelberdistribusi normal denganLtabeldengan (α=0.05) adalah 0,161 Lhitungobservasipembelajarandenganpendekatanrealistic mathematics educationdiperoleh 0,152 dan Lhitungkemampuanberfikirkreatif 0,1039sehingga data berasaldaripopulasi yang berdistribusi normal. Berdasarkan nilai kemampuan berfikir kreatifpeserta didik diperoleh persamaan regresi, Y ̂= 26,312 + 0,748X, artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realisc mathematics educationsebesar 1 satuan akan meningkatkan berfikir kreatifpeserta didik sebesar 0,748 satuan.Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 90,18% artinya bahwa pengembangan kemampuan berfikir kreatif peserta didik dipengaruhi oleh pendekatan realistic mathematics educationsebesar 90,18%. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan realistic mathematics educationdapat mempengaruhi kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Sehinggarealistic mathematics education dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik.en_US
dc.subjectpengaruh kemampuan berfikir kreatifen_US
dc.subjectPendekatan Realistic Mathematics Educationen_US
dc.title“Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematcs Educationterhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2018/2019”en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record