• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERISEGITIGA DI KELAS VII SMP SWASTAYAYASAN PERGURUAN KRISTEN HOSANNA MEDAN T.P. 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Juliana S. Sihotang.pdf (443.4Kb)
    Date
    2018-10-10
    Author
    Sihotang, Juliana Sandi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pendekatan Open Ended berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi segitiga di kelas VII SMP Swasta Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimendengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII dan sampel kelas VII-B. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi aktivitas siswa. Dari hasil perhitungan diperolehpersamaan regresi (Y_ ) ̂ = 40,442 + 0,5557X. Untuk uji kelinearan regresi diperolehFhitung= 0,3309 maka Fhitung<Ftabel atau0,3309< 2,34 karena Ha diterima maka terdapat hubungan yang linear antara pendekatan Open Ended berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Setelah itu dilakukanuji keberartian regresi antara X terhadap Y diperoleh Fhitung= 446,1289maka Fhitung≥ Ftabelatau446,1289≥ 4,14, Ha diterima sehingga terdapat pengaruh antarapendekatan Open Ended berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.Berdasarkan hasil analisis uji kelinieran regresi dan uji keberartian regresi, disimpulkan terdapat pengaruh yang berarti antarapendekatan Open Ended berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Dari hasil diatas dapat disimpulakan ada pengaruh pendekatan Open Ended berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.Sehingga diharapkan pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1650
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback