• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Pokok Bahasan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar Tahun Pelajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Delita Sibuea.pdf (377.5Kb)
    Date
    2018-10-03
    Author
    Sibuea, Delita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada pokok bahasan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar Tahun Pejaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar. Sampel terdiri dari 25 orang yaitu siswa kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah valid dengan reliabilitas yaitu 0.5848 dengan jumlah soal sebanyak 5 butir. Nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 83.2. Dari hasil analisis data observasi kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0.0962 dan Ltabel = 0.173 atau Lhitung< Ltabel, Sehingga disimpulkan data observasi kelas esperimen berdistribusi normal. Nilai rata-rata hasil post-test pada kelas eksperimen 87.88. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y ̂ = 40.2875 + 0.572X. Pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linier (b) = 0.572 bertanda positif, yang artinya bahwa kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang linier dan kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada pokok bahasan balok akan meningkat dengan pengaruh model pembelajaran talking stick sebesar 0.572 kali. Sehingga hasil perhitungan uji keberartian regresi data post-test pada sampel diperoleh Fhitung = 16.4741, artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Kemudian koefisien korelasi (r) sebesar 0.8226, maka terdapat hubungan yang kuat dan berarti antara model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik dan sebesar 67.66% besar pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada pokok bahasan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar Tahun Pejaran 2018/2019.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1635
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback