Show simple item record

dc.contributor.authorSibuea, Delita
dc.date.accessioned2018-11-15T06:59:27Z
dc.date.available2018-11-15T06:59:27Z
dc.date.issued2018-10-03
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1635
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada pokok bahasan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar Tahun Pejaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar. Sampel terdiri dari 25 orang yaitu siswa kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah valid dengan reliabilitas yaitu 0.5848 dengan jumlah soal sebanyak 5 butir. Nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 83.2. Dari hasil analisis data observasi kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0.0962 dan Ltabel = 0.173 atau Lhitung< Ltabel, Sehingga disimpulkan data observasi kelas esperimen berdistribusi normal. Nilai rata-rata hasil post-test pada kelas eksperimen 87.88. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y ̂ = 40.2875 + 0.572X. Pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linier (b) = 0.572 bertanda positif, yang artinya bahwa kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang linier dan kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada pokok bahasan balok akan meningkat dengan pengaruh model pembelajaran talking stick sebesar 0.572 kali. Sehingga hasil perhitungan uji keberartian regresi data post-test pada sampel diperoleh Fhitung = 16.4741, artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Kemudian koefisien korelasi (r) sebesar 0.8226, maka terdapat hubungan yang kuat dan berarti antara model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik dan sebesar 67.66% besar pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada pokok bahasan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar Tahun Pejaran 2018/2019.en_US
dc.subjectmodel pembelajaran talking sticken_US
dc.subjectkemampuan komunikasi matematikaen_US
dc.subjectpokok bahasan baloken_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Pokok Bahasan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar Tahun Pelajaran 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record