• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh ModelPembelajaranKooperatifTipeGroup Investigation(GI)BerbantuanGeogebrapada materi pokok Garis Singgung Lingkaran terhadap Prestasi Belajarmatematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 SilimaPungga-punggaParongilTahun Pelajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Kristin Natalia Hia.pdf (334.2Kb)
    Date
    2018-10-05
    Author
    Hia, Kristin Natalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranGroup Investigation(GI )terhadap Prestasi Belaja rmatematika siswa kelas VIII SMP Negeri1 SilimaPungga-pungga Parongil Tahun Pelajaran 2018/2019.Populasipenelitianiniadalahpeserta didikkelas VIII SMP 1 SilimaPungga-pungga.Sampelterdiridari 25 orang yaitusiswakelas VIII-1sebagaikelaseksperimen.Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganinstrumenberupatesuraian yang telah validdenganreliabilitasyaitu 0.5848denganjumlahsoalsebanyak 5 butir.Nilai rata-rata hasilobservasipadakelaseksperimen 83.2. Dari hasilanalisis data observasikelaseksperimendiperolehLhitung= 0.0962 danLtabel = 0.173 atauLhitung<Ltabel. Sehinggadisimpulkan data observasikelasesperimenberdistribusi normal.Nilai rata-rata hasilPost-testpadakelaseksperimen 87.88. Dari hasil perhitungan diperolehpersamaanregresiY ̂ = 40.2875 + 0.572X. Padapersamaantersebut koefisien arah regresi linier (b)= 0.572bertanda positif, yang artinya bahwa kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang linier dan prestasibelajar matematika peserta didik pada materipokokgarissinggung lingkaranakan meningkat dengan pengaruh model pembelajaranGroup Investigation(GI) sebesar 0.572 kali. Sehingga hasil perhitungan ujikeberartian regresi data post-testpadasampeldiperolehFhitung= 16.4741, artinyaH0ditolakdan Haditerimasehinggaterdapatpengaruh model pembelajaranGroup Investigation(GI) terhadap prestasibelajar matematika peserta didik.Kemudian koefisien korelasi(r) sebesar 0.8226, maka terdapat hunbungan yang kuat dan berarti antara model pembelajaran Group Investigation(GI)terhadap prestasibelajar matematika peserta didik dan sebesar 67.66% besar pengaruh model pembelajaran Group Investigation(GI) terhadap prestasibelajar matematika peserta didik. Sehinggadisimpulkanbahwaterdapatpengaruh model pembelajaranGroup Investigation(GI)terhadapprestasibelajarmatematikapeserta didikpadamateripokokgarissinggung lingkaran di kelas VIII SMP Negeri1 SilimaPungga-punggaTahunPejaran 2018/2019.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1634
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback