Pengaruh Strategi Pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Segitiga Di Kelas VII SMP Negeri 2 Tarutung Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 2 Tarutung T.P. 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment research) dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa/i kelas VII SMP Negeri 2 Tarutung T.P. 2017/2018. Dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak, maka diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-D). Instrumen yang digunakan adalah hasil post-test belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dlakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi aktivitas siswa.
Berdasarkan hasil penelitian strategi pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap pemahaman konsep matematika diperoleh hasil perhitungan koefisien determinasi untuk X terhadap Y1diperoleh r2 = 85,25% dan pada X terhadap Y2diperoleh r2 = 61,24%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi segitiga di kelas VII SMP Negeri 2 Tarutung.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]