• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENCAPAIAN KOMPETENSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA POKOK BAHASAN ALJABAR di SMP MADYA UTAMA MEDAN T. A 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Ernita.pdf (817.1Kb)
    Date
    2014-08-12
    Author
    MENDROFA, ERNITA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah yang terdapat dalam skripsi ini adalah rendahnya tingkat kemampuan kognitif matematika siswa. Kemampuan kognitif matematika ini meliputi kemampuan memahami masalah, merencanakan masalah, melaksanakan masalah, dan pemecahan masalah, lemahnya cara berpikir, ketajaman dalam berpikir, tidak fokus pada masalah. Banyaknya Model pembelajaran menuntut seorang guru untuk menguasai dan memilih Model pembelajaran yang tepat yang sesuai dengan materi pelajaran guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model desain pembelajaran berbasis pencapaian kompetensi mampu meningkatkan kemampuan kognitif matematika siswa pada Materi Aljabar dikelas VIII SMP Madya Utama Medan T.A 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Madya Utama Medan yang terdiri dari 1 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII itu sendiri yang dipilih secara simple ramdom sampling yang terdiri dari 27 orang siswa. Dalam penelitian didapat hasil penguasaan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Aljabar yang berhubungan dengan kemampuan kognitif, secara statistik tingkat penguasaan siswa tiap butir item yaitu 89,25% (tinggi), 66,6% (sedang), 68,8% (sedang), 84,23% (tinggi), 72,03% (sedang) artinya dengan penerapan Model Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi terbukti mampu memberikan tingkat penguasaan soal dan penyelesaian soal yang sedang dan tinggi. Sehingga dengan penyelesaian soal yang tinggi berarti kemampuan kognitif siswa juga telah mengalami peningkatan dari segi cara berpikir.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/125
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback