Show simple item record

dc.contributor.authorLUMBAN TOBING, SRI SULASTRI
dc.date.accessioned2024-01-19T04:25:24Z
dc.date.available2024-01-19T04:25:24Z
dc.date.issued2024-01-19
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9977
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran berbasis STEM pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah library research (studi pustaka) dari 40 jurnal hasil penggunaan model pembelajaran berbasis STEM yang ada di Indonesia dari tahun 2018-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran STEM dapat menggunakan Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), LKS Praktikum, Inkuiri, E-Modul, Bahan ajar digital, HOTS, Blended Learning, Lesson Study, Etno, Android, TGT, RBL dan Radec. Pendekatan yang lebih banyak digunakan adalah Project Based Learning (PjBL) dengan persentase 35% dan PBL dan LKS sebesar 10%, sedangkan pendekatan lainnya berkisar antara 1-7%. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan PjBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas serta mampu membuat peserta didik untuk menemukan dan memecahkan suatu masalah. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis STEM pada mata pelajaran Ekonomi dapat dilakukan dengan Project Based Learning (PjBL). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bantuan dalam bidang Ekonomi, karena model pembelajaran memiliki manfaat yang sangat penting dalam dunia pendidikan agar dapat dikembangkan.en_US
dc.subjectSTEM,en_US
dc.subjectproject based learning,en_US
dc.subjectStudi Pustaka.en_US
dc.titleKAJIAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC (STEM) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS TAHUN 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record