dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan angkatan 2019 yang berjumlah 18 orang dengan teknik pengumpulan data wawancara. Teknik analisis reduksi data, penyajian data, penyimpulan dengan teknik triangulasi dan verifiksi hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam penelitian ini peneliti menemukan kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran pemecahan masalah. Dimana sebagian mahasiswa kurang memahami permasalahan kemampuan berpikir kritis terkait dengan indikator: kemampuan mahasiswa memahami atau mendefenisikan permasalahan yang diberikan, kemampuan mahasiswa dalam menganalisis atau memfokuskan permasalahan yang diberikan, kemampuan mahasiswa menghubungkan informasi yang relevan untuk menyelesaikan permasalahan, kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan dan memilih hipotesis yang relevan, serta kemampuan mahasiswa dalam memutuskan kesimpulan dari permasalahan yang diberikan. Peneliti berharap penelitian ini menjadi referensi untuk peneliti berikutnya yang mengkaji tentang kesulitan mahasiswa dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui pemecahan masalah. | en_US |