dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tipe kepribadian siswa di tingkat sekolah menengah atas, korelasinya dengan prestasi belajar, dan menemukan tipe kepribadian seperti apa yang berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Sampel penelitian adalah 208 orang siswa-siswi SMA St. Thomas Medan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dimana metode pengumpulan data dengan menggunakan tes kepribadian Big Five Personality Traits dalam versi bahasa Indonesia yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya dan nilai rata-rata mata pelajaran siswa. Pengolahan data akan dilakukan dengan menggunakan statistika dekriptif dan statistika induktif (analisis korelasi).
Berdasarkan hasil pengolahan data untuk gambaran deskriptif tipe kepribadian para subjek penelitian, diperoleh hasil bahwa tipe kepribadian yang paling banyak muncul adalah tipe kepribadian neuroticsm yaitu sebanyak 58 orang (27.9%), disusul dengan tipe kepribadian extraversion yaitu sebanyak 44 orang (21.2%). Selanjutnya, terdapat 39 orang (18.8%) dengan tipe kepribadian openness, terdapat 38 orang (18.3%) dengan tipe kepribadian conscientiousness, dan yang paling sedikit adalah tipe kepribadian agreeableness yaitu 29 orang (13.9%).
Berdasarkan hasil uji korelasi antara masing-masing tipe kepribadian dengan prestasi belajar, hanya tipe neuroticsm yang berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Unsur latar belakang budaya diduga mempengaruhi hasil penelitian ini. | en_US |