Show simple item record

dc.contributor.authorPANDIA, JOY PERMANA S.
dc.date.accessioned2023-12-06T04:29:11Z
dc.date.available2023-12-06T04:29:11Z
dc.date.issued2023-12-06
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9642
dc.description.abstractPermasalahan dalam pelayanan kesehatan BPJS di Puskesmas Sibolangit adalah minimnya tenaga medis dan terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien ke Puskesmas selama pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif Pelayanan Kesehatan BPJS di Puskesmas Sibolangit dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas pelayanan kesehatan BPJS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas oleh Sutrisno dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan BPJS di Puskesmas Sibolangit cukup efektif yang dapat dibuktikan sebagai berikut; pertama pasien di puskesmas Sibolangit sudah paham dengan program BPJS; kedua BPJS Kesehatan di Puskesmas Sibolangit sudah tepat sasaran; ketiga BPJS Kesehatan memberikan perubahan nyata bagi warga Negara Indonesia; keempat pelayanan kesehatan di Puskesmas sudah tepat waktu; kelima tujuan dari BPJS Kesehatan belum tercapai. Faktor pendukung efektivitas pelayanan kesehatan BPJS di Puskesmas Sibolangit Kecamatan Sibolangit yaitu biaya gratis dan pegawai yang ramah. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya tenaga medis, kurangnya pelayanan loket, lamanya antrian untuk loket ataupun ruang pemeriksaaan, dan kurangnya supir dan kendaraan ambulan.en_US
dc.subjectEfektivitas,en_US
dc.subjectPelayanan Kesehatan,en_US
dc.titleEFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP PASIEN BPJS DI PUSKESMAS SIBOLANGIT, KECAMATAN SIBOLANGIT, KABUPATEN DELI SERDANGen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record