Show simple item record

dc.contributor.authorSitorus, Rista Dame Lyta
dc.date.accessioned2018-04-05T07:17:01Z
dc.date.available2018-04-05T07:17:01Z
dc.date.issued2018-02-23
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/957
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik Formula 5 S (Sedot, Saring, Seleksi, Serap, Sarikan) terhadap kemampuan meresensi buku pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun pembelajaran 2017/2018. Jumlah populasi sebanyak 360 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa. Dari populasi, ditetapkan pengambilan sampel two group post-test only design sebanyak dua (dua) kelas X MIPA 2 sebanyak 36 siswa ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Setelah data dianalisis diperoleh persentase nilai rata-rata kemampuan meresensi buku menggunakan metode konvensionalberkategori kurang dengan nilai rata-rata 63,52 sedangkannilai rata-rata menggunakan teknik Formula 5 S berkategori sangat baik dengan memperoleh nilai rata-rata 79,80 dan memiliki hipotesis Uji-t yang signifikan yaitu thitung> ttabel yaknik 6,8403 > 1,6895. Hasil belajar kemampuan meresensi buku menggunakan teknik Formula 5 S berkategori sangat baik dibandingkan dengan hasil belajar kemampuan meresensi buku dengan menggunakan metode konvensional yaitu berkategori. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa teknik Formula 5 S lebih efektif dari metode konvensional dalam meresensi buku oleh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.en_US
dc.subjectTeknik Pembelajaran Teknik Formula 5 Sen_US
dc.subjectMeresensi bukuen_US
dc.titleEfektifitas Teknik Formula 5 S (Sedot, Saring, Seleksi, Serap, Sarikan) Terhadap Kemampuan Meresensi Buku Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record