• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    .” Efektivitas Penggunaan Model Generatif Dalam Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pollung Tahun Pembelajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Jelita Sihite.pdf (252.5Kb)
    Date
    2018-01-16
    Author
    Sihite, Jelita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model generatif dalam pembelajaran menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pollung Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jumlah populasi sebanyak 50 siswa. Dan populasi itu diangkat menjadi sampel.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Model Generatif Dalam Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pollung Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Pollung yang berjumlah 50 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan menjadi dua kelas yaitu 25 orang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 25 orang. Tes yang digunkan adalah berupa penugasan menulis surat pribadi, dengan menggunakan model generatif untuk mengetahui efektif atau tidaknya model generatif dalam pembelajaran menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pollung, maka uji yang digunakan yaitu uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan maka kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pollung dalam menulis surat pribadi proses tanpa menggunakan model generatif memiliki kategori cukup baik dengan memperoleh nilai rata-rata 55,84 serta kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pollung dalam Menulis surat pribadi proses dengan menggunakan model generatif memiliki kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 78,56. Berdasarkan uji normalitas hasil post-tes dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, maka diketahuilah thitung =7,80. Selanjutnya dengan dk = (n1+n2 )-2 = 48. Diperoleh taraf 5%= 2,021. Dengan demikian thitung > ttabel yakni 7,80 > 2,021, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model generatif efektif dalam meningkatkan pembelajaran menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pollung Tahun Pembelajaran 2017/2018.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/955
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback