Efektivitas Model Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui Efektivitas Model Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2017/2018.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang bersifat kuantitaf. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 437 orang. Dari populasi, ditetapkan pengambilan sampel two group post-test design sebanyak 2 (dua) kelas yaitu kelas XI IPA2 sebanyak 34 orang ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebanyak 34 orang ditetapkan sebagai kelas kontrol.
Setelah data dianalisis diperoleh hasil kemampuan pada kelas eksperimen dengan mean 79,61, standar deviasi 7,85, standar error 1,36. Uji norrmalitas kelas eksperiemen L_hitung<L_tabel(0,1151 < 0,1519) normal sedangkan pada kelas kontrol dengan mean 61,26, standar deviasi 10,88, standar error 1,89 dan pada uji normalitas pada kelas eksperimen〖 L〗_hitung<L_tabel(0,1038 < 0,1519) keduanya normal. Kemudian pada uji homogenitas harga F_hitung<F_tabel(1,39 < 1,83) datanya normal dan uji hipotesis hasil diperoleh t_hitung>t_tabel( 7,90> 0,10).
Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model Snowball Throwing memiliki keefektivan yang signifikan terhadap keterampilan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2017/2018.