HubunganPenguasaan Diksi terhadap Kemampuan memproduksi isi teks negosiasi oleh Siswa Kelas X SMKNegeri 1 Kecamatan Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2017/2018
Abstract
Kemampuan Memproduksi Isi Teks Negosiasi oleh Siswa Kelas X SMKNegeri 1 Kecamatan Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 504 siswa dan yang menjadi sampel penelitian ini 36 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi. Metode deskriptif korelasi yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui tingkat hubungan antara penguasaan diksi terhadap kemampuan memproduksi isi teks negosiasi.
Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan deskriptif data diikuti dengan persyaratan analisis yaitu untukmenguji hipotesis yang diajukan digunakan rumus korelasi Product Momentsigniifikansi 5%. Untuk mengetahui adanya hubunganpenguasaan diksi terhadap kemampuan memproduksi isi teks negosiasi digunakan korelasi Product Moment.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh ∑X =2285 x ̅ = 63,47, SDx = 17,43 dan data Y diperoleh ∑Y=2448, Y ̅ = 69,11, SDy = 11,57. Dari perhitungan rxy dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 36 yaitu 0,445> 0,329, maka hipotesis altenatif (H_a) diterima. Hal ini berarti terdapat Hubungan Penguasaan Diksi terhadap Kemampuan Memproduksi isi teks negosiasi oleh Siswa Kelas X SMKNegeri1 Kecamatan Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2017/2018.