Show simple item record

dc.contributor.authorLAFAU, BERNALENTA
dc.date.accessioned2023-11-27T06:27:11Z
dc.date.available2023-11-27T06:27:11Z
dc.date.issued2023-11-27
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9487
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui model Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hukum newton kelas VIII SMP Negeri 13 Medan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-eksperimental dengan desain two group pretest-posttest design.Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan secara keseluruhan terdiri dari 210 0rang.Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik digunakan instrumen soal pilihan ganda dengan jumlah 20 butir yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda.Data hasil belajar kedua kelas diuji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Selanjutnya dilakukan uji-t satu pihak untuk = 0,05 diperoleh thitung = 5,2 lebih besar dari ttabel = 2,00. Sedangkan untuk uji regresi diperoleh Y ̂ = 53,20 + 0,31X. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui model PBL terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan.en_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran Berdiferensiasi,en_US
dc.subjectHasil Belajar,en_US
dc.subjectPeserta Didiken_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record