Show simple item record

dc.contributor.authorGULO, PUSPA REALITA
dc.date.accessioned2023-11-27T06:13:53Z
dc.date.available2023-11-27T06:13:53Z
dc.date.issued2023-11-27
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9485
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat dan hasil belajar peserta didik bertujuan untuk mengetahui minat dan hasil belajar peserta didik pada materi alat-alat optik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Medan tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yaitu quasi experimental design. Sampel penelitian terdiri atas kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 2 dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIPA 1. Analisis data angket minat belajar menggunakan rumus persentase dan hasil belajar adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan menggunakan uji t, dan uji regresi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, angket minat belajar dan soal pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik kelas eksperimen rata-rata dari jumlah keseluruhan indikator termasuk ke dalam kategori sangat tinggi yaitu 81,25 dan data hasil belajar yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t satu pihak dengan α= 0,05 diperoleh thitung=2,66 dan ttabel= 1,66 dimana thitung lebih besar dari ttabel yang mengindikasikan bahwa ada perbedaan posttest pada kedua kelas. Strategi pembelajaran berdiferensiasi diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang efektif serta menjawab kebutuhan belajar peserta didik yang beragam serta potensi yang dimilikinya dapat berkembang sehingga peserta didik mempunyai kebebasan dalam belajar serta hak-hak belajarnya dapat terpenuhi.en_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran Berdiferensiasi,en_US
dc.subjectMinat belajar,en_US
dc.subjectHasil Belajar,en_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record