Show simple item record

dc.contributor.authorZEGA, EMANUEL
dc.date.accessioned2023-11-27T05:53:23Z
dc.date.available2023-11-27T05:53:23Z
dc.date.issued2023-11-27
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9483
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi energi kelas VIII SMP Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling . Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan bentuk item soal pilihan berganda sebanyak 20 soal. Sebelum diberikan perlakuan pada sampel terlebih dahulu dilakukan uji awal untuk mengetahui apakah sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diberikan perlakuan terhadap kedua kelas yaitu dengan memberikan uji pretest dan diperoleh skor rata – rata kelas eksperimen 38,00 dengan standar deviasi 16,01 dan kelas kontrol 40,00 dengan standar deviasi 15,75. Untuk skor rata –rata skor Posttest kelas eksperimen 77,40 dengan standar deviasi 9,35 dan kelas kontrol 62,60 dengan standar deviasi 11,00. Nilai homogen pretest terhadap kedua kelas yaitu (1,033<1,983) Fhitung lebih kecil dari Ftabel dan nilai posttest yaitu Fhitung lebih kecil dari Ftabel (1,379 <1,983), sehingga dapat dikatakan bahwa nilai pretest dan posttest terhadap kedua sampel adalah homogen. Selanjutntya untuk perbedaan antara kedua kelas dilakukan uji-t satu pihak dengan = 0,05 diperoleh (5,120)>(1,677) thitung lebih besar dari ttabel yang menyatakan bahwa ada perbedaan terhadap kedua kelas. Untuk melihat besarnya pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar dilakukan uji regresi sederhana dengan persamaan Y̅ = 57,27 + 0,28X. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perlakuan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi energi kelas VIII SMP Swasta Tri Sakti Lubuk Pakamen_US
dc.subjectProject Based Learning,en_US
dc.subjectEnergi danen_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Swasta Tri Sakti Lubuk Pakamen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record