Show simple item record

dc.contributor.authorZendrato, SURYA EPIS VINCE
dc.date.accessioned2018-04-05T03:37:48Z
dc.date.available2018-04-05T03:37:48Z
dc.date.issued2018-03-19
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/942
dc.description.abstractRumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan rawat darurat dan menggunakan jaminan kesehatan berupa BPJS kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan jelas bagaimana Sistem Informasi Tagihan BPJS Kesehatan yang diterapkan oleh Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder, yang merupakan data penelitian yang diperoleh dari dokumen-dokumen yang digunakan dalam penagihan BPJS Kesehatan daftar rekapitulasi klaim tagihan BPJS Kesehatan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi, analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dan komparatif. Setelah dilakukan penelitian lapangan dan kepustakaan, pada Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan maka diperoleh kesimpulan yaitu 1. Dalam mengajukan klaim tagihan BPJS Kesehatan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan menggunakan beberapa dokumen pengajuan klaim yaitu Formulir pengajuan klaim (FPK) dan bukti pelayanan, formulir bukti pelayanan, Softcopy Iuran aplikasi BPJS Kesehatan, Kuitansi asli bermaterai cukup dan pengajuan klaim ini dilakukan secara kolektif pada kantor BPJS Kesehatan setiap bulannya dengan minimal pengajuan klaim 75% dari rata-rata pengajuan klaim penuh bulan sebelumnya. 2. Dalam penerimaan tagihan BPJS Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan menggunakan beberapa dokumen penerimaan pembayaran klaim tagihan yaitu Surat Pemberitahuan, Daftar Surat Pemberitahuan, Bukti Setor Bank dan Kuitansi dan prosedur Penerimaan klaim tagihan BPJS Kesehatan berdasarkan pada tarif INA CBG (Indonesian-Case Based Group). Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis memberikan saran bagi Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan Yaitu: 1. Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan harus selalu memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada peserta pengguna BPJS Kesehatan. 2. Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan harus selalu memperhatikan sistem informansi tagihan BPJS Kesehatan yang telah diterapkan di Rumah Sakit agar lebih baik dimasa mendatang, dan meningkatkan fasilitas kesehatan pada Rumah Sakit.en_US
dc.subjectSistem Informasi Tagihan BPJS Kesehatan.en_US
dc.titleSISTEM INFORMASI TAGIHAN BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM IMELDA PEKERJA INDONESIA MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record