Show simple item record

dc.contributor.authorSIMBOLON, LAMTIUR VERAWATY
dc.date.accessioned2023-11-24T02:21:24Z
dc.date.available2023-11-24T02:21:24Z
dc.date.issued2023-11-24
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9417
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dengan pendekatan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII UPT SMP Negeri 14 Medan. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design. Sampel penelitian terdiri atas kelas eksperimen yaitu kelas VIII A dan kelas kontrol yaitu kelas VIII B. Kelas eksperimen diberi perlakuan discovery learning dengan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model dan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa thitung 10,12 dan ttabel 1.67, thitung lebih dari ttabel maka hasil hipotesis Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perlakuan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik di UPT SMP Negeri 14 Medan. Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang ditumpangkan dengan discovery learning diharapkan mampu membantu guru dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara.en_US
dc.subjectDiscovery Learning,en_US
dc.subjectHasil Belajar,en_US
dc.subjectstrategi pembelajaran berdiferensiasien_US
dc.titlePENGARUH DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMPen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record