dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TGT (Teams Games Tournaments) terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Sigala-gala. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Sigala-gala. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-1 dan VII-3 masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunkan adalah tes hasil belajar bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Sebelum diberikan perlakukan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat untuk mengetahui apakah sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya pretest masing- masing 34,038 dan 36,481 dengan standar deviasi 12,167 dan 12,846. Setelah perlakuan selanjutnya diberikan posstest di peroleh rata-rata masing-masing 76,154 dan 53,889 dengan standar deviasi 12,674 dan 11,463. Untuk melihat perbedaan kedua kelas dilakukan uji t satu pihak dengan a=0,05 di peroleh bahwa thitung > ttabel yang mengindikasi bahwa ada perbedaan hasil belajar pada kedua kelas. Akhirnya disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Sigala-gala. | en_US |