dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa, dengan variabel-variabel yang berpengaruh yaitu moralitas dan disiplin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survey dan analisis jalur, penentuan sampel dilakukan dengan teknik Proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel 325 orang siswa dari total populasi 2.360 siswa dari 2 SMA Negeri di Kota Sidikalang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media sosial untuk peningkatan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa moralitas dan disiplin secara parsial berpengaruh langsung terhadap penggunaan media sosial, demikian juga moralitas, disiplin, dan penggunaan media sosial secara parsial berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung moralitas terhadap penggunaan media sosial; (2) terdapat pengaruh langsung disiplin terhadap penggunaan media sosial; (3) terdapat pengaruh langsung moralitas terhadap prestasi belajar siswa; (4) terdapat pengaruh langsung disiplin terhadap prestasi belajar siswa; (5) terdapat pengaruh langsung penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa; (6) terdapat pengaruh tidak langsung moralitas terhadap prestasi belajar siswa melalui penggunaan media sosial; (7) terdapat pengaruh tidak langsung disiplin terhadap prestasi belajar siswa melalui penggunaan media sosial; (8) terdapat pengaruh moralitas, disiplin, dan penggunaan media sosial secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. | en_US |