PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATER KINEMATIKAGERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR T.P. 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inquiry Trainingterhadap hasil belajar fisika pada materi kinematika gerak lurus di kelas X SMA Negeri 5 Pematangsiantar T.P 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Pematangsiantar yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel yaitu dengan mengambil 1 kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang. Instrumenyang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 20 item.
Hasil penerapan model pembelajaran Inquiry Training memperlihatkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada saat penerapan model pembelajaran Inquiry Training hasil belajar siswa diharapkan memenuhi atau melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu 68.00 . Penelitian ini dilakukan sebanyak III siklus. Pada saat melakukan siklus I belum terdapat siswa yang mencapai KKM. Pada saat Siklus II hanya 2 siswa yang ≥68.00. Dan pada saat siklus III bertambah menjadi 34 siswa yang mendapat nilai ≥68.00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pebelajaran Inquiry Training mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kinemtika gerak lurus di kelas X semester II SMS Negeri 5 Pematangsiantar T.P. 2013/2014.
Collections
- LP - Report Research [230]